perawatan-mobil-hybrid-toyota-lebih-mahal-dari-konvensional

Perawatan Mobil Hybrid Toyota Lebih Mahal dari Konvensional?

19 Oktober 2019       162        Administrator

Benarkah anggapan bahwa biaya perawatan mobil hybrid Toyota lebih besar dibanding mobil bermesin konvensional?

Salah satu pabrikan yang tengah gencar menggarap kendaraan ramah lingkungan ialah Toyota. Saat ini, mereka telah memiliki 4 produk mobil bermesin hybrid, yakni Toyota Corolla Altis Hybrid, Toyota C-HR Hybrid, Toyota Camry Hybrid, dan Toyota Alphard Hybrid.

Ada persepsi publik bahwa perawatan mobil hybrid lebih sulit karena mobil ini menggunakan dua mesin, yakni mesin konvensional berbahan bakar minyak dan mesin listrik dengan baterai untuk menggerakkan roda kendaraan. Akibat penggunaan dua mesin itu, maka biaya perawatan mobil hybrid pun lebih mahal.

Baca juga : 5 Keunggulan Sewa Rental Mobil di Padang


Benarkah demikian?

Fauzon Saptadi, Kepala Bengkel Auto 2000 Banyuwangi, Jawa Timur, menyatakan perawatan berkala mobil bermesin hybrid dan nonhybrid sama secara teknis dan jangka waktu. Seperti mesin, sasis, dan sistem elektrik. Kemudian jangka watunya juga sama, misalnya servis berkala pertama 1.000 kilometer, servis kedua dan seterusnya per kelipatan 10 ribu km atau enam bulan sekali.

Baca juga : Cara Maksimalkan Liburan di Padang Bersama Kittraveling


Cuma untuk mobil hybrid, saat perawatan berkala ada tambahan pengecekan, yakni sistem pendingin baterai. Di sistem pendingin ini ada komponen filter udara yang harus dibersihkan setiap 6 bulan atau diganti pada 40 ribu kilometer dengan harga Rp 125 ribu. Filter udara ini untuk menjaga agar udara tidak kotor sehingga baterai tidak cepat panas, ujar Fauzon di sela acara Electrified Vehicle Journalist Test Drive di diler Auto 2000 Banyuwangi, meski demikian, pengguna mobil hybrid tidak perlu khawatir soal baterainya, karena Toyota Indonesia memberikan garansi baterai lebih lama, yakni lima tahun atau 150 ribu kilometer. Di mobil hybrid, baterai merupakan komponen strategis, sehingga performanya sangat penting.


Selain filter udara, komponen yang perlu diperhatikan untuk mendukung kinerja mobil hybrid adalah cairan pendingin atau coolant. Komponen ini dicek per 40 ribu km atau diganti pada 160 ribu km karena kualitas pendinginan cairan kimia ini akan menurun seiring waktu pemakaian. Harga jualnya Rp 650 ribu per satu galon atau empat liter.

Baca juga : Rombongan Wisatawan Tiongkok Nikmati Pesona Sumbar Bersama Rental Mobil Padang KITTraveling.com

Membutuhkan kendaraan pribadi atau penyewaan mobil? Mari gabung bersama kami KITTraveling.com Jasa Rental Mobil Padang dan Sewa Mobil Padang. Kenapa harus Kittraveling?? karena Kittraveling merupakan perusahan terpercaya dalam sewa mobil Padang dan sekitarnya. Fasilitas kendaraan baik terawat serta supir yang profesional membantu liburan kamu agar lebih maksimal. kenyamanan kendaraan yang anda gunakan juga sangat mempengaruhi liburan kamu.

Sewa Mobil Murah di Padang,Rental Mobil Murah di PadangRental Mobil Espasio di Padang, Rental Mobil Espasio Murah di Padang,Rental Mobil L 300 Murah di Padang,Rental Mobil Innova murah di Padang, Rental Mobil di PadangRental Mobil Hiace di Padang,Sewa Mobil Hiace di PadangSewa Mobil Hiace Murah di PadangRental Mobil Hiace Murah di PadangRental Mobil Murah di Padang, Sewa Mobil di Padang, Sewa Mobil Murah di PadangRental Mobil Minibus Elf di PadangRental Mobil Minibus Elf Murah di PadangRental Mobil Avanza Murah di Padang, Rental Mobil L300 di Padang, Rental Mobil L300 Murah di PadangRental Mobil Innova murah di Padang, Rental Mobil Innova di Padang.